Saturday, March 31, 2007

Romanticist Start From Here - EP (Demo)

Rating:★★★
Category:Music
Genre: Indie Music
Artist:Autoband
Ini adalah demo titipan teman saya untuk sebuah acara tahunan yang diadakan jurusan saya. Autoband, namanya sudah tidak asing lagi meskipun baru satu kali saya melihat mereka langsung secara live. Sepertinya tidak lama lagi mereka akan mengeluarkan sebuah EP yang berjudul sama dengan demo yang saya terima ini.

Saya suka covernya, kuning cerah bergambar mainan anak-anak. Saya sendiri tidak tahu apa sangkut pautnya dengan judul album mereka nanti (belum tentu mereka juga akan memakai gambar cover yang sama) tapi mungkin ada sangkut paut dengan nama band mereka yang diambil dari bahasa jerman yang berarti jalan tol.

Jujur, saya bukan sepenuhnya penikmat musik yang disebut new wave ini. Saya sempat kecewa dengan lagu pertama yang saya dengar, "Lantai Dansa". Intro lagu ini cukup menarik perhatian, tapi sayang melodi vokal tampak terkurung dalam pola-pola yang mudah ditebak, seolah-olah tidak berani mengambil resiko untuk membentuk pola-pola yang lebih berani. beruntung melodi lead gitar dan keyboard berhasil menutupi kekurangan ini.Tidak ada juga yang spesial dengan lirik "Lantai Dansa", apapun yang berbau disco new wave pasti berhubungan dengan lantai dansa. Hal ini tidak lagi baru.

Kekecewaan saya terhadap lagu "Lantai Dansa" diobati dengan lagu "My Funny Friend". Ini lagu paling bagus dalam EP ini. Salut untuk Mita sang keyboardist yang menyempurnakan keindahan lagu ini. Tidak saja berhasil membuat saya memejamkan mata dan sedikit bergoyang, saya terlarut dengan nuansa "megah" dan "kuat" yang dihasilkan lagu ini. Lagu yang cocok untuk soundtrack film kartun Jepang! Bukan kartun Jepang tipikal Doraemon, tapi yang bertema kepahlawanan sejenis Saint Seiya. Sepertinya mereka memang menganggap seorang teman yang lucu (funny friend) bisa dianggap sebagai pahlawan karena selalu menyenangkan dan bisa meramaikan suasana. Seandainya saja dua vokalis Gandi dan Asti tidak hanya bersahut-sahutan tetapi juga membina harmonisasi suara satu &dua di bagian reff, pasti hasilnya akan lebih dasyat lagi.

Lagu berikutnya adalah "Disco Fever", lagu yang mengingatkan saya dengan sebuah band elektronik yang berinisial GE. Saya tidak bermaksud membanding-bandingkan, tapi bridge lagu ini terdengar cukup familiar dengan salah satu lagu GE. Tidak masalah bagi saya secara personal, karena keseluruhan lagu ini, meskipun tidak kehebat "My Funny Friend", cukup lucu dan menghibur.

Berikutnya adalah lagu "My Universe" yang tipikal nuansanya masih mengajak bergoyang ringan seperti "Disco Fever". Masih belum keluar jalur dari tatanan aman. Vokal yang diwarnai efek mewarnai akhir lagu ini, bukan hal baru, tapi berhasil mengakhiri lagu dengan baik.

Lagu terakhir adalah lagu semi balada berjudul "Better Place". Lewat lagu ini sepertinya Autoband berusaha menampilkan keindahan vokal Asti secara maksimal. Ringan dan indah. Lagu ini sangat easy listening dan berpotensi menjadi lagu 'sing along song' bila cukup sering didengar oleh para penggemar. Lagi-lagi, lagu ini akan lebih baik jika Asti berani keluar dari zona aman, lebih rileks dan lepas dan lebih berani menunjukkan emosi lewat vokal.

Secara keseluruhan, demo ini berada dalam batasan antara lumayan dan cukup baik. Seandainya saja Autoband lebih berani mengambil resiko dalam menciptakan lagu-lagunya, Autoband akan berada jauh didepan band-band new wave lainnya. Saya tidak meragukan bahwa Autoband sesungguhnya mempunyai kapasitas untuk itu. Satu atau dua langkah lagi untuk terus lebih berani dan lebih inovatif, Autoband akan berada di luar zona aman dan memberikan gebrakan new wave dalam musik indie di Indonesia.

Skala 1-10: 7

Labels:

7 Comments:

Anonymous mumu jaidi said...

tera gemana,, claftyelegy di britbash?
review dong clafty elegy juga..(rikie)

Sunday, April 01, 2007  
Anonymous mumu jaidi said...

era gemana,, claftyelegy di britbash?
review dong clafty elegy juga..(rikie)
'versi anda sendiri gitu..

Sunday, April 01, 2007  
Anonymous Thera Paramehta said...

sabar ya bos. yg nentuin bkn gw krn uda bukan gw lg panitianya. junior2 gw panitianya. tp gw uda kasi rekomendasi ke mereka. cheers! ;-)

Sunday, April 01, 2007  
Anonymous mumu jaidi said...

oke deh..
acara tanggal 11 mei ya,,? tentatif gak tuh
sorry tera.. kira2 lo bisa ngabarin kapan tuh..
kalo bisa si secepatnya.., bwt schedule,,
manage anak2 gw ter...tolong kabarin secepatnya bu'

Sunday, April 01, 2007  
Anonymous mumu jaidi said...

oke deh..
acara tanggal 11 mei ya,,? tentatif gak tuh
sorry tera.. kira2 lo bisa ngabarin kapan tuh..
kalo bisa si secepatnya.., bwt schedule,,
manage anak2 gw ter...tolong kabarin secepatnya bu'
(Rikie)

Sunday, April 01, 2007  
Anonymous mumu jaidi said...

mumu yg asli : wah baru tau, kalo autoband di review.. boleh juga review nya tuh.. ternyata pemikiran kita gak jauh beda yah..!! hahay... thx terra..

Saturday, April 14, 2007  
Anonymous Thera Paramehta said...

waduuh.. the mumu yg aslii??? gw jadi bungung... kok satu profile dipake rame2???

Sunday, April 15, 2007  

Post a Comment

<< Home