Saturday, March 31, 2007

Curhatan Seputar Skripsi (Part II)

Kadang-kadang nyesel rasanya liat temen-temen yang udah lulus duluan tanpa harus bikin skripsi. Emang ada dua cara lulus di jurusan gue, sastra inggris UI. Cara pertama adalah dengan nulis skripsi, cara kedua adalah non-skripsi. Dan cara non-skripsi ini yang paling aneh. Biasanya di jurusan lain jalur non-skripsi digantikan compre atau TA, tapi nggak di sastra Inggris UI, all you have to do just finish all your 144 sks. Karena bisa lulus hanya dengan ngabisin 144 sks tanpa harus bikin skripsi atau kompre, jadi ada kemungkinan juga lulus 3,5 tahun buat yang non-skripsi, buat yang skripsi minimal lulus dalam waktu 4 thn. Semua hanya pilihan-pilihan. Mao cepet lulus atau lama. Terserah elo.

Pas gue tanya dosen gue kenapa kok jurusan kita enak banget, gampang lulusnya, dsb. Ternyata kata dosen gue karena jurusan ini udah akreditasi A dan jurusan sastra inggris plg keren di indonesia. Kenapa keren? Ternyata karena muatan mata kuliah yang disajikan di S1 Sastra Inggris UI sudah nyaris seperti S2. Jadi, kalau dalam tataran bikin tugas, sebenernya S1 cukup bersifat deskriptif aja, tapi jurusan gue udah menerapkan analisis kritis.

Waktu gue memutuskan milih jalur skripsi, padahal jumlah sks gue udah 150 (gue bisa lulus 3,5 thn) dosen gue nanya: kok mao2nya nyusah2in diri sendiri? Kan udah ada yang enak, udah ada jalur yang tinggal lulus doang... bla bla bla. Beberapa teman gue bilang "untuk pembuktian diri, bu. Kalo kita bisa nulis skripsi!" Dosen malah merengut. Pembuktian diri aja nggak cukup, katanya. It's going to be a real big thing, she said. It is not easy. bla bla bla... yadda yadda yadda... Gue sempet bingung, ada 10 mahasiswa dari 45 mahasiswa angkatan 2003 yang milih jalur skripsi, gue kira awalnya itu hal yang baik, ternyata malah "ditakut2in".

Ternyata bener. Nulis skripsi sangat under preassure. Skripsi sastra kebanyakan pake metode penelitian literatur, jadi murni kerja sendiri dengan baca2 buku literatur, nggak pake angket dsb dsb. Ternyata cara ini juga gak gampang, dasar pemahaman teorinya harus bener2 kuat, argumen2 yang keluar harus didukung analisa yang kuat, dan semuanya dateng dari diri sendiri. Jadi saat sidang, lebih mudah dibantai karena nggak bisa ngasih data empiris yang jelas (misalnya persentase2 dari hasil angket), semuanya abstrak dari hasil analisa sendiri, tapi di situ gue rasa justru itu yang bikin menantang.

Sekarang gue sangat under preassure. Tinggal 2 bulan lagi tapi gue tetep masih merampungkan dasar konsep. Sejauh ini baru Bab 1 yang selesai (huaaa... hix hix!) Kemanyakan temen2 gue juga gitu. Tapi apa gue menyesal ngambil jalur skripsi? Sementara beberapa temen2 gue yang udah lulus dari jalur non-skrip udah pada kerja dimana-mana, malah ada yang bulan mei mao kawin, hehe. Apakah gue iri dengan mereka? Nggak juga. Meskipun dosen udah ngasih alasan yang cukup logis bahwa kita nggak mesti bikin skripsi untuk lulus karena bahan kuliahnya juga udah nyaris seperti S2, tapi gue tetep butuh pengalaman membuat penelitian ilmiah tentang literatur. Gue ngalamin under preassure yang nggak biasa. Berawal dari ke-belagu-an gue dan ketidakmampuan gue melihat kapasitas diri sendiri, gue milih corpus yang susah untuk dianalisa. Edan, bingung, pusing, aiiih...

Tapi gue nggak nyesel, at least gue berusaha untuk tidak menyesal. Gue bisa aja tulis surat pernyataan untuk mundur dari jalur skripsi dan lulus semester ini, tapi nanti gue gak akan memaafkan diri gue sendiri. Gue pasti malu sama diri gue sendiri. Mahasiswa dari universitas "tak terdengar" aja juga bisa nulis skripsi, masa gue nggak? Toh selama ini gue bisa survive dengan muatan kuliah yang cukup diatas standar, masa nulis skripsi doang gue gak bisa? Sebenernya apa sih dasar masalahnya? Selama ini tokh gue gak nemuin kesulitan dalam kuliah dan gak pernah kesulitan nulis tugas2 kuliah. Gue rasa bukan karena gue nggak bisa, tapi emang gue gak terbiasa nulis secara terstruktur dan dalam jangka waktu yang panjang. Gue tipe deadliners, mungkin dengan ngambil jalur skripsi ini gue harus bisa merubah kebiasaan itu. Nulis minimal 60 pages of skripsi gak menakutkan buat gue kok... presentasi dan pertanyaan2 pas sidang juga gw gak parno2 amat, gue udah terbiasa dengan persentasi tugas dan pertanyaan2 yang membantai. Sebenernya "the idea" of skripsi itself yang bikin gue takut. Gue takut gue gak sanggup nyelesain, itu aja... Takut malu sama diri sendiri karena gak bisa ngontrol diri sendiri dan menyelesaikan komitmen gue ke diri sendiri...

Makanya, harus selesai! Semangaaat! jangan kasih gw gelar sarjana kalo gue gak bisa selesain skripsi gw!

Labels:

6 Comments:

Anonymous maria ardiana said...

bagoooooeeeeeees!! yang semangaaaaaaaaat....elo belom ketemu selahnya aja, sis.. ntar nih kalo udah ketemu, gw jamin "refreshing 2 minggu sekali" bakal lo tolak mentah-mentah.....percaya deeeeeeeeh...;P

Saturday, March 31, 2007  
Anonymous Ahmad Ridha said...

Penulisan skripsi akan sangat berguna jika ada rencana untuk melanjutkan studi. Pengalaman penelitian akan menjadi nilai tambah yang penting.

Selamat berjuang.

Saturday, March 31, 2007  
Anonymous leonardus dimas said...

wah skripsi masih terasa dalam di ingatanku... iyalah orang baru aja gw lewatin setahun yang lalu hahahaha..

Sunday, April 01, 2007  
Anonymous setiani purnama said...

oo, sastra inggris UI. kereeeen. semangat ya... buktikan kita bisa...emang susah jg sih sastra, makanya saya ga pilih,lebih linguistics, tp tergantung qt interest dimana...

Sunday, April 08, 2007  
Anonymous Thera Paramehta said...

huhuhu... i hate liguistics! :-p
morfologi, fonologi dan semacamnya ituhhh! hoeeeks...
paling2 cuma dpt C! hehehe
kl di UI anak2 yg milih linguistik tuh biasaanya yg pinter2 hehehe, terutama pinter menghafal...

kl yg milih sastra biasanya yg pinter tebak2 berhadiah! huehehe

Sunday, April 08, 2007  
Anonymous setiani purnama said...

tebak tebak berhadiah???

Sunday, April 08, 2007  

Post a Comment

<< Home